KURIKULUM DAN BAHAN BELAJAR TK
MODUL 5
-
Hakikat kegiatan
pengembangan di taman kanak-kanak
-
Kegiatan belajar
I
-
Batas,prinsip
dan sasaran pengembangan di taman kanak-kanak
A.
Batas kegiatan
pengembangan di TK
1.
Pentingnya
pengembangan bagi anak
a.
Usia TK adalah fase
Funda mental bagi individu
b.
Anak adalah
praktisi dan investasi masa depan
2.
Implikasi
terhadap kegiatan bagi anak
a.
Perkembangan
anak di pengaruhi oleh orang dewasa
b.
Implikasi
terhadap kegiatan pengembangan anak
B.
Prinsip-prinsip
kegiatan pengembangan di TK
1.
Kegiatan
pengembangan berorientasi pada perkembangan (DAP) (Develop Mentally Appropiate
Practices)
a.
Batas kegiatan
pengembangan berdasar DOP
b.
Prinsip
pembelajaran berdasar DOP
C.
Ruang lingkup
dan sasaran kegiatan pengembangann mengacu pada isi kurikulum TK 2004 maka yang
menjadi sasaran bidang pengembangan pada level Tkruang lingkupnya adalah:
Pengembangan dan
nilai-nilai agama,pengembangan sosial,emosional dan kemandirian,pengembangan
kemampuan berbahasa,pengembangan kognitif pengembangan fisik motorik serta
pengembangan seni
1.
Bidang
pengembangan pembentukan perilaku melalui pembiasaan.
2.
Bidang
pengembanngan kemampuan dasar
a.
Kemampun
berbahasa
b.
Kognotif
c.
Fisik/motorik
d.
Seni
kegiatan
belajar II
Strategi dan jenis kegiatan
pengembangan di TK
A.
Pengembangan
kegiatan dg cara terpadu
1.
Mengapa
pembelajaran terpadu
2.
Batasan dan
karakteristik pembelajaran terpadu berbasis tema
a.
Pengertian
pembelajaran berbasis tema
b.
Karakteristik
pembelajaran berbasis tema
c.
Prinsip-prinsip pembelajaran
terpadu berbasis tema
d.
Keunggulan-keunggulan
pembelajaran terpadu berbasis tema
e.
Pengembangan
domain melalui pembelajaran tema
f.
Pengembangn
program kegiatan
B.
Pengembangan
melalui kegiatan rutin
1.
Pengertian
tujuan dan fungsi
a.
Pengertian
b.
Tujuan dan fungsi
2.
Ruang lingkup
program
a.
Berdoa sebelum
dan sesudah kegiatan
b.
Menguucaap salam
bila bertemu
c.
Tolong-menolong/bergotong-royong
d.
Tenggang rasa
e.
Rapi dalam
berpakaian
f.
Bertanggung
jawab
3.
Contoh
pelaksanaan
a.
Baris-berbaris
sebelum masuk ke kelas
1.
Memiliki
kebiasaan antri
2.
Memilliki
kegiatan bergiliran
3.
Menanam kan
kesabaran
4.
Menanam kan
kebiasaan hidup tertib
5.
Berdoa sebelum
dan sesudah memulai kegiatan belajar.
C.
Pengembangan
melalui kegiatan terprogram.
1.
Pengertisn,
tujuan dan fungsi
a.
Pengertian
b.
Tujuan dan
fungsi
2.
Ruang lingkup
program
a.
Kematangan
perencanaan
b.
Kesiapan
dukungan sarana
c.
Kesatuan tim
kerja
3.
Contoh
pelaksanaan
a.
Program di
sekolah
1.
Hasil belajar
2.
Kegiatan
b.
Program di luar
sekolah
1.
Hasil belajar
2.
Kegiatan
D.
Pengembangan
melalui kegiatan sepotan
1.
Pengertian,
tujjuan dan fungsi
a.
Pengertian
Karakteristik anak yang masih rendah
konsentrasinya berifat spontan, egosentris dan masih labil emosi serta masih
terbatas ketrampilan sosialnya.
b.
Tujuan dan
fungsi
Tujuan dari pembelajaran spontan
adalahh;
Untuk lebih meningkatkan operasi anak
terhadap nillai-nilai yang terkandung dalam setiap bidang pengembangan .
2.
Ruang lingkup
program
3.
Contoh
pelaksanaan
E.
Pengembangan
melalui kegiatan keteladanan
1.
Pengertian
tujuan dan fungsi
a.
Pengertian
Anak akan mempelajari proses pembelajarn
dg mendengarkan dan melakukan nasihat guru juga dengan mengamati dan meniru
b.
Tujuan dan
fungsi
Tujuan
dari pembelajaran teladan adalah untuk mengarahkan anak pada berbagai contoh pola perilaku yg diterima
oleh masyarakat
c.
Ruang lingup program
d.
Contoh
pelaksanaan.
EmoticonEmoticon