Monday, April 3, 2017

KURIKULUM DAN BAHAN BELAJAR TK

KURIKULUM DAN BAHAN BELAJAR TK
MODUL 5
-          Hakikat kegiatan pengembangan di taman kanak-kanak
-          Kegiatan belajar I
-          Batas,prinsip dan sasaran pengembangan di taman kanak-kanak
A.    Batas kegiatan pengembangan di TK
1.      Pentingnya pengembangan bagi anak
a.       Usia TK adalah fase Funda mental bagi individu
b.      Anak adalah praktisi dan investasi masa depan
2.      Implikasi terhadap kegiatan bagi anak
a.       Perkembangan anak di pengaruhi oleh orang dewasa
b.      Implikasi terhadap kegiatan pengembangan anak
B.     Prinsip-prinsip kegiatan pengembangan di TK
1.      Kegiatan pengembangan berorientasi pada perkembangan (DAP) (Develop Mentally Appropiate Practices)
a.       Batas kegiatan pengembangan berdasar DOP
b.      Prinsip pembelajaran berdasar DOP
2.      Kegiatan pengembangan berorientasi Holistik (Menyeluruh)
C.     Ruang lingkup dan sasaran kegiatan pengembangann mengacu pada isi kurikulum TK 2004 maka yang menjadi sasaran bidang pengembangan pada level Tkruang lingkupnya adalah:
Pengembangan dan nilai-nilai agama,pengembangan sosial,emosional dan kemandirian,pengembangan kemampuan berbahasa,pengembangan kognitif pengembangan fisik motorik serta pengembangan seni
1.      Bidang pengembangan pembentukan perilaku melalui pembiasaan.
2.      Bidang pengembanngan kemampuan dasar
a.       Kemampun berbahasa
b.      Kognotif
c.       Fisik/motorik
d.      Seni

kegiatan belajar II
           Strategi dan jenis kegiatan pengembangan di TK
A.    Pengembangan kegiatan dg cara terpadu
1.      Mengapa pembelajaran terpadu
2.      Batasan dan karakteristik pembelajaran terpadu berbasis tema
a.       Pengertian pembelajaran berbasis tema
b.      Karakteristik pembelajaran berbasis tema
c.       Prinsip-prinsip pembelajaran terpadu berbasis tema
d.      Keunggulan-keunggulan pembelajaran terpadu berbasis tema
e.       Pengembangan domain melalui pembelajaran tema
f.       Pengembangn program kegiatan
B.     Pengembangan melalui kegiatan  rutin
1.      Pengertian tujuan dan fungsi
a.       Pengertian
b.      Tujuan  dan  fungsi
2.      Ruang lingkup program
a.       Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
b.      Menguucaap salam bila bertemu
c.       Tolong-menolong/bergotong-royong
d.      Tenggang rasa
e.       Rapi dalam berpakaian
f.       Bertanggung jawab
3.      Contoh pelaksanaan
a.       Baris-berbaris sebelum masuk ke kelas
1.      Memiliki kebiasaan antri
2.      Memilliki kegiatan bergiliran
3.      Menanam kan kesabaran
4.      Menanam kan kebiasaan hidup tertib
5.      Berdoa sebelum dan sesudah memulai kegiatan belajar.
C.     Pengembangan melalui kegiatan  terprogram.
1.      Pengertisn, tujuan dan fungsi
a.       Pengertian
b.      Tujuan dan fungsi
2.      Ruang lingkup program
a.       Kematangan perencanaan
b.      Kesiapan dukungan sarana
c.       Kesatuan tim kerja
3.      Contoh pelaksanaan
a.       Program di sekolah
1.      Hasil belajar
2.      Kegiatan
b.      Program di luar sekolah
1.      Hasil belajar
2.      Kegiatan
D.    Pengembangan melalui kegiatan sepotan
1.      Pengertian, tujjuan dan fungsi
a.       Pengertian
Karakteristik anak yang masih rendah konsentrasinya berifat spontan, egosentris dan masih labil emosi serta masih terbatas ketrampilan sosialnya.
b.      Tujuan dan fungsi
Tujuan dari pembelajaran spontan adalahh;
Untuk lebih meningkatkan operasi anak terhadap nillai-nilai yang terkandung dalam setiap bidang  pengembangan .
2.      Ruang lingkup program
3.      Contoh pelaksanaan
E.     Pengembangan melalui kegiatan keteladanan
1.      Pengertian tujuan dan fungsi
a.       Pengertian
Anak akan mempelajari proses pembelajarn dg mendengarkan dan melakukan nasihat guru juga dengan mengamati dan meniru
b.      Tujuan dan fungsi
Tujuan  dari pembelajaran teladan adalah untuk mengarahkan anak pada  berbagai contoh pola perilaku yg diterima oleh masyarakat
c.       Ruang lingup program

d.      Contoh pelaksanaan.


EmoticonEmoticon

Panduan Kegiatan MOS

*Panduan Kegiatan MOS pada Tahun Ajaran Baru di masa Pandemi Covid 19* Kegiatan ini dpt di lakukan 1-2 minggu tergantung bagaimana dgn kese...