Tuesday, January 30, 2018

Program Tahunan ( PROTA )


PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan  : Negeri
Kelas                         : II
Semester                  : I
Tahun                       : 2017/2018

Smtr
Tema
Stándar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
AW
KET
1
Diri Sendiri
1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

1.   PKn
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.





2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
2.   IPS
·   Memelihara dokumen dan koleksi  benda berharga miliknya
·   Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis





3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

3.   IPA
·   Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
·   Mengidentifikasi  cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar





4. Matematika                      
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

4.   Matematika
·     Membandingkan bilangan 1 sampai 500
·     Mengurutkan bilangan sampai 500




5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                    
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                               
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                    
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

5.      Bahasa Indonesia
·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Mendeskripsikan isi puisi
·     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·     Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·     Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.





6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni Rupa :  Mengapresiasi karya seni rupa.
·     Seni Tari :  Mengapresiasi karya seni tari

6.   Seni Budaya Keterampilan.
·     Mengenal unsure rupa pada karya seni rupa
·     Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.
·     Mengidentifikasi gerak alam semesta



PERISTIWA
1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

1.   PKn
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.





2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Memelihara dokumen dan koleksi  benda berharga miliknya
Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis




3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

·     Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan ( ukuran) dan tumbuhan ( dari biji menjadi tanaman)
·     Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
·     Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda  ( plastisin/tanah liat, adonan tepung ) akibat dari kondisi tertentu




4. Matematika                      
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

·     Menentukan nilai tempat ratusan puluhan dan satuan




5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                    
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                               
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                    
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat




6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni Rupa :  Mengapresiasi karya seni rupa.
·     Seni Tari :  Mengapresiasi karya seni tari

·     Menekpresikan diri melalui gambar ekpresif
·     Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal.
·     Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta



HIBURAN 
1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

·     Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.
·     Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam





2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
·     Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis





3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

·     Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
·     Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
·     Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dengan kegunaanya melalui pengamatan.





4. Matematika                      
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500.




5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                    
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                               
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                    
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·     Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.





6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni Musik:  Mengapresiasi karya seni Musik.
·     Mengekpresikan diri melalui karya seni musik
·     Seni Tari :  Mengapresiasi diri melalui karya seni tari

·     Mengidentifikasi unsure musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilan benda bukan alat musik
·     Menggerakkan tubuh secara spontan, mengikuti bunyi perangsang gerak.



LINGKUNGAN
1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

·     Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
·     Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.





2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.





3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

·     Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.





4. Matematika                      
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

·     Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam




5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                    
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                               
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                    
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
·     Menceritakan kegiatan sehari-hari
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·     Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.





6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni MusikMengekpresikan diri melalui karya seni musik
·     Seni Tari :  Mengapresiasi diri melalui karya seni tari

·     Mengungkapkan perasaan yang  dialami melalui perubahan tempo pada lagu dengan gerakan.
·     Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana.
·     Menangpai gerak alam semester dalam bentuk gerak tari



KESEHATAN  
1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

·     Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
·     Melaksanakan pemeliharaan lingkunganalam.





2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis




3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

·     Mengidentifikasi  makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan




4. Matematika                      
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

·     Menggunakan alat ukur panjang tidak baku, dan baku ( cm, m) yang sering digunakan




5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                    
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                               
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                    
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Mendeskripsikan isi puisi
·     Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.





6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni Musik:  Mengekpresikan diri melalui karya seni musik
·     Keterampilan               :  Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan
·     Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana.
·     Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau  tanpa iringan sederhana.
·     Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan alam.
·     Menyiapkan bahan alam untuk pembuat cat



TEMPAT UMUM
1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

Melaksanakan hidup rukun saling berbagi  dan tolong menolong di rumah dan di sekolah




2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis




3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

·     Mengidentifikasi  berbagai tempat hidup makhluk hidup ( air, tanah, dan tempat lainnya )
·     Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan




4. Matematika                      
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

·     Menggunakan alat   ukur berat
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda




5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                    
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                               
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                    
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Mendeskripsikan isi puisi
·     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·     Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·     Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital tanda titik.





6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni Musik:  Mengekpresikan diri melalui karya seni musik
·     Keterampilan               :  Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan
·     Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau  tanpa iringan sederhana.
·     Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton
·     Membuat cat pewarna dari bahan alam.


Jumlah





Mengetahui
Kepala Sekolah

SAHERI,S.Pd
NIP.196601111992111002


Jingkang,17 juli 2017    
Guru Kelas II

DARWATI












PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan  : Negeri
Kelas                         : II
Semester                  : II
Tahun                       : 2017/2018

Smtr
Tema
Stándar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
AW
KET
2
PERISTIWA
B. Indonesia :
·     Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
·     Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
·     Memehami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
·     Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
·     Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain.
·     Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengarkan.
·     Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·     Menyebutkan isi teks agak panjang  (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
·     Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi




IPS :

·     Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

·     Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
·     Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·     Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga




IPA :

·     Mengenal berbagai sumbar energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
·     Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
·     Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
·     Mengidentifikasi kenampakan matahari  pada pagi, siang dan sore hari.
·     Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari




SBK :

·     Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung di air
·     Berkreasi dengan cat warna.



KEGEMARAN
B. Indonesia :
§ Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati.
§ Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
§ Membaca nyaring teks sebanyak 15 –20 kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis




IPS :

§ Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

§ Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.




KTK :
§ Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi kedalam karya seni rupa.
§ Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure-unsur musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
§ Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure-unsur gerak tari melalui pengalaman kepekaan indrawi.
§ Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung
§ Mengekpresikan diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
§ Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
§ Mengekpresikan diri dengan menanpilkan gerak tari.
§ Berkreasi dengan cat warna



BUDI PEKERTI
B. Indonesia :
§ Mendengarkan : memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
§ Berbicara          : mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan   mendeskripsikan benda
§ Menulis             : menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar   dan menyalin puisi anak
§ Menyampaikan pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain.
§ Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§ Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung




IPS :

§ Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

§ Mengenal kegiatan bermusyawarah
§ Menghargai suara terbanyak.
§ Menampilkan sikap mau menerima kekalahan.
§ Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari



LINGKUNGAN
B. Indonesia :
Berbicara :
·     Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
Menulis :
·     Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
B. Indonesia
·     Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah di pahami orang lain.
·     Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
·     Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
·     Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi




Matematika

·     Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
·     Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana

Matematika

·     Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
·     Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua angka.
·     Melakukan operasi bilangan campuran.
·     Mengelompokkan bangun datar.
·     Mengenal sudut bangun datar




IPA

·     Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
·     Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari

 

IPA

·     Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.
·     Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
·     Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·     Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari  dalam kehidupan sehari-hari




IPS

·     Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
IPS
·     Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·     Memberi contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga




SBK
·     Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa.
·     Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
·     Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung

SBK

·     Mengekpresikan diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
·     Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
·     Berkreasi dengan cat warna




6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni MusikMengekpresikan diri melalui karya seni musik
·     Seni Tari :  Mengapresiasi diri melalui karya seni tari

·     Mengungkapkan perasaan yang  dialami melalui perubahan tempo pada lagu dengan gerakan.
·     Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana.
·     Menangpai gerak alam semester dalam bentuk gerak tari



KEGIATAN SEHARI-HARI
PKn
§ Membiasakan hidup bergotong royong
§ Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
§ Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam




IPS

§ Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
§ Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita




Matematika

§ Melakukan pengurangan dan penjumlahan bilangan sampai 500

 

§ Membandingkan bilangan sampai 500
§ Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
§ Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
§ Mengukur dan menggunakan alat ukur panjang
§ Mengukur dan menggunakan alat ukur berat
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda




IPA

§ Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
§ Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
§ Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di sekitar
§ Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan




B. Indonesia

Berbicara
§ Mengucapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, berbicara dan deklamasi
Membaca
§ Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
Menulis

Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte

§ Bertanya kepada orang lain dalam menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam berbahasa
§ Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat
§ Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
§ Mengumpulkan teks pendek ( 15 kalimat yang dibaca dengan membaca lancar
§ Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
§ Melaengkapi cerita sesuai dengan kata yang tepat
§ Menuliskan kalimat sederhana yang di diktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan penulisan huruf kapital dan cetak




§ SBK
§ Mengenal dan menanggapi serta mengekpresikan unsure-unsur rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa
§ Mengenang berbagai unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
§ Menanggapi berbagai unsure rupa dan perpaduannya bintik, garis, bidang, warna dan bentuk
§ Mengenal unsure-unsur bunyi musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi



KESEHATAN
B. Indonesia
Mendengarkan
§ Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
§ Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dengan bercerita.
§ Memahami wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
§ Menyalin puisi anak dengan hurup tegak bersambung yang rapi
§ Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain
§ Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
§ Membaca nyaring teks sebanyak 15 – 20 kalimat dengan memperhatikan lapal dan intonasi yang tepat.
§ Meyalin puisi anak dengan hurup tegak bersambung yang rapi




IPA

§ Memahami peristiwa alam danpengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
§ Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.




IPS
§ Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
§ Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga


Jumlah





Mengetahui
Kepala Sekolah

oooooooooooooo



Jingkang,17 juli 2017     
Guru Kelas II

ooooooooooooooooo






Monday, January 22, 2018

LATIHAN SOAL SMESTER DAN ULANGAN HARIAN

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !

1. Persamaan bunyi pada setiap akhir baris dalam puisi disebut …………
2. Karangan yang terikat oleh banyak baris dan persamaan bunyi  disebut ………….
3. Karangan yang tidak terikat dan disusun dalam bentuk paragraf disebut ………..
4. Dalam setiap bait nya,  pantun terdiri dari ………………………….baris 
5. Berburu ke padang datar 
 Dapat rusa belang kaki 
 Berguru kepalang ajar
Bagai bunga kembang tak jadi.
 Puisi di atas termasuk jenis pantun ……………
6. Karangan yang berisi riyawat hidup disebut …………..
7. Bagian pantun yang tidak bermakna dan hanya dimanfaatkan sajaknya disebut ….. 
8. Orang yang ahli dalam bidang sastra disebut ……………………
9. Percakaapan dua tokoh atau lebih dalam drama atau film disebut …………….
10. Cerita yang mengawali sebuah pementasan drama disebut ………………………
11. Karangan yang berisi riwayat hidup seseorang disebut ………………. 
12. Cerita yang mengisahkan terjadinya suatu tempat disebut …………………………
13. Cerita yang mengisahkan tentang binatang disebut ………………………………..
14. Salah satu cirri pantun  ,setiap baris terdiri dari ………………Suku kata                  
15. Baris pertama dan kedua pada pantun disebut ……………………
16. Baris ketiga dan keempat pada pantun disebut ………………………
17. Percakapan :   ………………………….
Ibu  : Oh …. Malin Kundang ! Aku yakin betul, betul betul yakin, bahwa engkau 
   anakku . Anakku satu-satunya .( Perempuan itu berbicara dengan 
     sambil meronta-ronta)     
  Malin Kundang : Apa ? (Malin Kundang bertolak pinggang). Aku bukan      anakmu .  dan engkau Perempuan tua hina dina . Pergi ……………pergi ………………!

  Pertanyaan:
  Judul yang tepat untuk cuplikan percakapan di atas adalah …………………….
18. Si Dul Anak Betawi adalah salah satu contoh …………………
19. Novel anak-anak yang berjudul Si Jamin dan Si Johan ditulis oleh ………………….
20. Pengarang syair atau sajak yang terkenal dan tinggi nilainya disebut  ……………
21. Bentuk penjumlahan yang benar dari  4 x 3 adalah . . .  .
Jawab   :  3 + 3+ 3 + 3
22. Hasil dari 2.638 + 584 x 6 adalah . . .  .
Jawab   :  6.142
23. Jumlah nilai angka 2 dan 5 pada bilangan 132.745 adalah . . .  .
Jawab   :  2005
24. Di dalam kardus ada 3.969 butir kelereng. Kelereng tersebut akan dimasukkan ke dalam 9 kantung sama banyak. Kantung – kantung yang ada dibagikan pada 7 anak sama banyak. Banyaknya kantung yang diterima setiap anak ada . . .  kantung.
Jawab   :  63
25. – 72 : ( - 9 ) – ( - 4 ) = . . .  .
Jawab   :  12
26. ( 10 + 2 )2  - 112 = . . .  .
Jawab   :  23
27. Ada tiga buah garis. Banyaknya titik potong yang terbentuk dari ketiga garis tersebut ada . . .  .
Jawab   :  3
28. Bangku belajar di kelasku tersusun sama banyak. Aku duduk di bangku keempat dari depan dan ketiga dari belakang. Banyaknya bangku belajar di kelasku ada  . . . .
Jawab   :  36
29. Ibu berbelanja gula 2 kg, beras 70 ons, dan tepung 35 hg. Berat seluruh belanjaan ibu . . . pon.
Jawab   :  25 
30. FPB dari 16, 24, dan 36 adalah . . .  .
Jawab   :  4
31. KPK dari 12, 18, dan 42 adalah . . .  .
Jawab   :  252
32. Dalam 3 menit Farhan dapat mengetik 111 kata.  Farhan mengetik selama 30 menit.Banyaknya kata yang diketik Farhan ada . . .  kata.
Jawab   :  1110
33. 20 dam2 + 11 ca = . . .  m2.
Jawab   :  2011
34. Pak Karim membeli laptop seharga Rp 4.000.000,00. Karena ada kebutuhan yang mendesak, laptop tersebut dijual kembali rugi 5 %.Harga penjualan laptop tersebut adalah . . .  rupiah.
Jawab   :  Rp 3.800.000,00
35. Sebuah bus melaju dari kota S ke kota T dengan kecepatan 80 km/ jam. Bus tersebut berangkat dari kota S pada pukul 08.00 dan tiba di kota T pukul 10.00. Jarak kota S –T adalah . . .  km.
Jawab   :  160
36. Taksiran baik 180 + 225 adalah . . .  .
Jawab   :  400
37.    =     Nilai n adalah . . .  .
jawab   :  21
38. 6 dasawarsa setelah hari kemerdekaan  Indonesia adalah tahun . . .  .
Jawab   :  2005
39. 2 dam + 3 m – 70 dm = . . .  m.
Jawab   :  16
40. Tanggal 28 Februari 2011 adalah hari Senin. Setahun kemudian adalah hari . . .  .
Jawab   :  Rabu
41. Benda bermuatan listrik positif jika didekatkan dengan benda lain yang juga bermnuatan listrik positif akan …. 
42. Menurut sumbernya, gaya yang terjadi akibat tali karet diregangkan disebut gaya ….
43. Bahan bakar yang berasal dari makhluk hidup yang telah terpendam di dalam bumi berjuta-juta tahun lamanya disebut bahan bakar ….
44. Sumber-sumber energy yang dapat digunakan untuk menggantikan minyak bumi dan batu bara disebut sumber energy ….
45. Bulan tampak berbentuk setengah lingkaran sebanyak … (berapa) kali dalam waktu satu bulan.
46. Tempat pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida dalam tubuh manusia disebut ….
47. Tahap inspirasi pada pernafasan ikan yaitu air dimasukkan melalui ….
48. Makanan yang banyak mengandung pengawet yang berupa borax, jika ditetesi air kunyit akan berubah warna menjadi ….
49. Organ pencernaan makanan pada manusia yang menghasilkan enzim lipase, amylase, dan tripsin ialah ….
50. Cecak memutuskan ekornya pada waktu dikejar oleh kucing, agar kucing tertipu dan menangkap ekor yang telah putus. Cara membela diri semacam ini disebut ….
51. Karena penyesuaian diri tumbuhan teratai dengan lingkungan air, stomata tumbuhan tersebut terletak pada permukaan daun bagian …. 
52. Kertas dibuat dari pulp, yaitu semacam bubur yang dibuat dari ….
53. Sifat bahan yang dimanfaatkan dalam pembuatan jas hujan ialah ….
54. Bahan yang terbaik untuk membuat electromagnet ialah ….
55. Paku yang tertancap di tembok lebih mudah dicabut menggunakan linggis, karena menggunakan prinsip tuas jenis ….
56. Agar roda sepeda berputar lebih lancar pada porosnya dipasang bantalan peluru, dengan maksud untuk memperkecil ….
57. Besi yang bersenyawa dengan oksigen akan berubah warna dan kekerasannya. Peristiwa semacam ini disebut ….
58. Bebek menyesuaikan diri pada lingkungan berlumpur, yaitu dengan mengubah bentuk kakinya menjadi ….
59. Karena adanya pengaruh panas dan dingin, suara roda kereta api pada malam hari terdengar lebih ….
60. Pada saat matahari bersinar terik di jalan raya beraspal sering tampak seperti ada air yang bergelombang.  Peristiwa ini disebut ….

SOAL CERDAS CERMAT TINGKAT SD/MI

SOAL CERDAS CERMAT TINGKAT SD/MI
ISILAH DESA JINGKANG
TITIK-TITIK DIBAWAH INI JAWABAN YANG TEPAT!
   1.Landasan Ideal NKRI adalah …. (Pancasila)
   2.Hari lahirnya Pancasila diperngati tanggal ….    (1 Juni)
   3.Formulir yang berisi identitas diri, pendidikan dan pengalaman kerja
      Adalah Formulir …. (Daftar riwayat hidup)
   4.Tempat terjadinya peristiwa dalam cerita disebut …. (Latar)
   5.Sebuah bak berbentuk balok dengan panjang 75 cm,lebar 50 cm, dan tinggi
       64 cm.Bak tersebut diisi air sampai penuh melalui selang selama 15 menit.
       Debit airnya adalah …  liter.  (16).
   6. Kelelawar berkembang biak dengan cara ….  (melahirkan)
   7. Tindakan cicak memutuskan ekornya ini dinamakan ….  ( autotomi)
   8. Jumlah provinsi di Indonesia setelah merdeka ada …. (8)
   9. Negara yang mempunyai pelabuhan transit ternama adalah …. (Singapura).
  10.Negara dikawasan asia tenggara yang belum pernah dijajah bangsa luar adalah

        …..   (Thailand).

Contoh Dialog Membuat Dialaog

DIALOG KEPADA PASIEN DIABETES MILITUS
*Pada suatu hari, datang Bapak Wartomo ke Apotek, beliau membawa resep dari dokter untuk ditebus di Apotek. Beliau terkena diabetes militus*
*Bapak Wartomo datang ke Apotek dan disambut oleh Asisten Apoteker*
AA                  : Selamat siang pak, ada yang bisa saya bantu?
Pasien              : Iya mba, saya mau beli obat diabetes mba.
AA                  : Ooh iya pak, mohon tunggu sebentar, saya panggilkan Apoteker saja ya pak?
Pasien             : Iya mba silahkan.
*AA memanggil Apoteker*
Apoteker         : Selamat siang pak, perkenalkan saya Evi Apoteker di Apotek ini , saya bicara dengan bapak siapa ya?
Pasien              : Nama saya Wartomo mba.
Apoteker         : Baiklah pak, ada yang bisa saya bantu?
Pasien              : Iya mba, saya mau beli obat diabetes.
Apoteker         : Apakah bapak memang sudah positif terkena diabetes?
Pasien              : Iya mba, awalnya saya sering haus, kencing berlebih, sering lapar dan berat badan saya cepat menurun. Akhirnya saya pergi ke dokter untuk mengecek kondisi saya, dan ternyata saya terkena diabetes militus.
Apoteker         : Ooh iya pak, apa sebelumnya ada keturunan dari keluarga yang punya sakit diabetes pak?
Pasien              : Tidak mba, saya terkena diabetes karna pola hidup saya yang kurang sehat, pekerjaan saya yang banyak dan sering makan makanan junkfood, saya juga tidak ada waktu untuk olahraga.
Apoteker         : Ooh begitu ya pak, karena kebanyakan sekarang pola hidup yang kurang baik menyebabkan berbagai penyakit.
Pasien              : Iya mba, setelah saya tau terkena penyakit diabetes saya akan lebih jaga kesehatan saya dengan baik.
Apoteker         : Iya memang harusnya seperti itu pak.
Pasien              : Iya mba, ini saya dapat resep dari dokter dan saya mau menebusnya.
*Pasien menyerahkan resepnya ke Apoteker*
Apoteker         : Iya pak, sebentar ya pak saya akan menyiapkan obatnya
Pasien              : Baik mba.
*Apoteker meminta AA untuk mengerjakan resep tersebut*
*Percakapan antara AA dan Apoteker*
Apoteker         : Mba, tolong ini resepnya dikerjakan ya
AA                  : Baik bu.
*AA tersebut mengerjakan resepnya*
AA                  : Ini ya bu resepnya sudah selesai saya kerjakan, dicek lagi siapa tau saya ada kesalahan dalam mengerjakannya.
Apoteker         : Iya akan saya cek lagi
*Apoteker mengecek kembali resep tersebut*
Apoteker         : Terima kasih ya mba sudah saya cek dan semuanya benar.
AA                  : Iya bu samasama.


*Apoteker menyerahkan obat tersebut kepada Pasien*
Apoteker         : Ini ya pak obatnya, sudah ada keterangan di setiap etiketnya. Jadi untuk yang metformin diminum 2x1 tablet pagi jam 07.00 dan malam jam 19.00 sesudah makan, untuk glibenclamide cukup 1x1tablet pagi dan sebelum makan ya pak. Apakah sudah jelas pak penjelasan dari saya?
Pasien             : Iya mba saya sudah paham.
Apoteker         : Baiklah, obatnya jangan lupa rutin diminum ya pak dan pola makan juga harus dijaga, bapak harus memulai pola hidup sehat dengan memperbanyak makan makanan sehat yang tidak mengandung banyak gula, rutin olahraga agar kondisi bapak tetap sehat.
Pasien              : Baik mba, saya akan berusaha untuk memulai hidup sehat agar diabetes saya selalu terkontrol. Terimakasih banyak ya mba informasinya .
Apoteker         : Iya pak, semoga sehat terus ya pak.
Pasien              : Iya mba amin. Mari mba, sekali lagi terimakasih ya
Apoteker         : Silahkan pak, sama sama .



Wednesday, January 17, 2018

GEGURITAN BAHASA JAWA DAN CONTOHNYA

Contoh Geguritan Bahasa Jawa
#Geguritan Bahasa Jawa Tema Pahlawan
  1. Pahlawanku (R. Tantiningsih)
  2. Kartini


Apa Itu Geguritan?
Pengertian Geguritan – Kata geguritan dalam kamus Baoesastra, berasal dari kata “gurit" artinya tulisan, kidung. Begitu juga dalam Kamus Kawi Indonesia diungkapkan “gurit” artinya goresan, dituliskan. Sedangkan dalam kamus umum Indonesia (KBBI) geguritan itu berasal dari kata “gurit" artinya sajak atau syair.
Pengertian geguritan adalah ciptaan sastra berbentuk syair yang biasanya dilagukan dengan tembang (pupuh) yang sangat merdu. Namun seiring berjalannya waktu, perkembangannya mengikuti selera masyarakat. Hal tersebut dikarenakan berkembangnya bahasa dari masa ke masa, yang menyebabkan pergeseran penggunaan istilah geguritan. Geguritan saat ini digunakan untuk menyebutkan puisi Jawa secara keseluruhan. Puisi Jawa yang berkembang pada saat ini, yang lebih bersifat bebas dan memiliki tipografi yang bebas.
Sebagaimana yang diungkapkan Hadiwijaya bahwa, geguritan merupakan golongan sastra yang indah (puisi Jawa), cara baru yang mengungkapkan perasaan senang, ungkapan bahasa yang sesuai dengan keindahan rasa tetapi tidak berpedoman pada aturan guru gatra, guru wilangan dan guru lagu tertentu berbeda dengan sifat tembang macapat dan lain sebagainya".
#Geguritan Bahasa Jawa Tema Pahlawan
1. Pahlawanku
(R. Tantiningsih)
Pahlawanku
Wutahing ludirmu
Nyiram ibu pertiwi
Nadyan sang ibu
Kudu muwun sedhih
Karajang-rajang manahe
Karujit-rujit rasa pangrasane

Pahlawanku
Mugya Gusti paring nugraha
Semana gedhene bektimu
Jiwa raga, bandha donya
Tanpa sisa
Amung siji pangajabmu
Merdeka

2. Kartini

Kartini …
Sapa kang ora kenal panjenengan
Pahlawan kang mbela kaum wanita
Pahlawan kang berjuwang nentang paugeran walanda

Kartini …
Sanajan tinitah dadi priyayi
Duweni trah bangsawan
Kartini mbela emansipasi wanita
Mbela rakyat jelata

Kartini …
Wulan April iki dadi seksi
Lelabuhanmu kang misuwur tumrap bangsa Indonesia
Habis Gelap Terbitlah Terang
Dadi bukti masa perjuwangan
Kutha Jepara dadi papan panggonan ngukir sejarah wanita

Kartini …
Amarga jasamu
Wanita eropa lan wanita pribumi
Dadi duweni hak kang padha

Duweni hak pikantuk pendidikan

Tuesday, January 16, 2018

UNGGAH - UNGGUH BAHASA JAWA SMP/SMK

UNGGAH-UNGGUH BASA

Unggah-ungguh Basa Jawa yaiku adat sopan santun, tatakrama, tatasusila nggunakake Basa Jawa. Undha-usuke Basa Jawa miturut unggah-ungguhe kena kaperang dadi 5, yaiku :
  1. Basa ngoko, kaperang dadi 2, yaiku Ngoko Lugu lan Ngoko Andhap (isih kaperang maneh dadi 2, Antya Basa lan Basa Antya).
  2. Basa madya, kaperang dadi 3, yaiku Madya Ngoko, Madyantara lan Madya Krama.
  3. Basa Krama, kaperang dadi 5, yaiku Kramantara, Mudha Krama, Wredha Krama, Krama Inggil, lan Krama Desa.
  4. Basa Kedhaton.
  5. Basa Kasar.

A. BASA MADYA
      Basa Madya iku basa ing antarane basa ngoko lan krama. Wujude Basa Madya yaiku tembung Madya kaworan ngoko utawa krama. Basa Madya Ngoko biyasane isih digawe dening wong ing desa lan pegunungan.  Manut wujude, Basa Madya diperang dadi 3, yaiku :
  1. Madya Ngoko.
Basa Madya Ngoko wujude tembung :
Madya (ater-ater lan panambang ngoko)
Ngoko
Dika, mang, samanng
Ciri-cirine Basa Madya Ngoko antarane :
Aku, dadi kula
Kowé, diowahi dadi dika
Ater-ater tak- diowahi dadi kula
Ater-ater ko-diowahi dadi dika
Ater-ater di- ora owah
Kanggone Basa Madya Ngoko iku lumrahe :
Bakul padha bakul
Priyayi marang sor-sorane
Tuladha :
Dika niku klebu beja, olehe panen pari mboten enten sing gabug, samang napake ta?
Pundi woh-wohané sing becik-becik niku?
Niku napa kirang becik?
  1. Madyantara.
Basa Madyantara iku wujude tembung :
Madya (ater-ater lan panambang ngoko)
Ngoko
Kang slira (sampeyan), pangkate, sesebutan (peprenahan)
Ciri-cirine Basa Madyantara :
Aku, diowahi dadi kula
Kowé, diowahi dadi sampéyan, samang
Ater-ater tak-, diowahi dadi kula
Ater-ater ko-, diowahi dadi samang, mang
Panambang -ku, diowahi dadi kula
Panambang -mu, diowahi dadi sampéyan, samang
Panambang -e tetep ora owah
Sing nganggo Basa Madyantara :
Wong padesan marang wong liya kang dianggep luwih tuwa utawa kinurmatan
Padha-padha priyayi sing wis kulina
Bojone priyayi marang sing lanang (yen durung kulina)
Priyayi marang sanake tuwa kang luwih asor
Tuladha :
Sampeyan niku pripun ta mas, seprika-sepriki kok boten enten sudane
A migunakaké Basa Madya Ngoko, B migunakaké Basa Madya Krama.
A : “É, Yu nggéndhong lurik, ndika mandheg sedhéla”.
B : “Napa, ajeng tumbas?”
A : “Wong ngendheg nèk mboten ajeng tuku ajeng napa?”
B : “Engga ta mang milih. Dagangan kula saé-saé”.
  1. Madya Krama.
Basa Madya Krama iku wujude tembung :
Madya (ater-ater lan panambang ngoko)
Krama lan krama inggil
Sampeyan, pangkat, sesebutan/peprenahan
Ciri-ciriné antara liya:
Aku, diowahi dadi kula
Kowé, diowahi dadi sampéyan utawa samang
Ater-ater tak-, diowahi dadi kula
Ater-ater ko-, diowahi dadi samang, mang
Ater-ater di-, tetep ora owah.
Sing nganggo Basa Madya Krama :
Padha=padha priyayi sing wis kulina
Bojone priyayi marang sing lanang (yen durung ngoko)
Tuladha ;
Mas, tinimbang sampeyan ngresula ngoten niku, mbok luwung ngenggar-enggar penggalih lan nyenyuwun teng Pangeran pinaringan gesang mulya, tentrem boten enten sambikala.
(A Ibuné B Kula)
A: “Wetonku tumbuk umur 33 taun, slametané apa wis kok pikir?”
B: “Rak siyos bénjing tanggal 7, wulan Rabingulakir ngajeng niki ta?”
A: “Iya”.
B: “Saniki tanggal ping 27, taksih kirang 10 dalu”.
A: “Rak ya wis cedhak”.
(sumber panulisan : jv.wikipedia.org lan cathethan Basa Jawa nalika ing bangku sekolah)

 B. BASA NGOKO
Basa Jawa Ngoko yaiku perangan Basa Jawa kanggo guneman marang wong sapadha-padha. Basa Ngoko isih kaperang dadi 2, yaiku :
1.      Ngoko Lugu
yaiku minangka tataran basa kang paling asor ing undha usuk Basa Jawa. Wujud tembunge ngoko, ora ana tembung krama utawa krama inggil tumrap wong sing diajak guneman.  Gunane kanggo guneman antarane :
Wong tuwa marang bocah enom
Wong kang sadrajad utawa wis raket sesrawungane
Wong apangkat dhuwur marang pegawene
Bocah cilik karo kancane
Ngunandika (ngomong dhewe)
2.      Ngoko Andhap
yaiku basa ngoko kang alus sarta luwih ngajeni marang wong kang diajak guneman. Wujude arupa basa ngoko kacampur tembung krama inggil tumrap wong kang diajak guneman. Yen dirasa kurang ngajeni sok dicampur tembung krama sawetara. Panganggone basa ngoko andhap iku kanggo guneman antarane :
Sedulur tuwa marang sedulur enom kang luwih dhuwur drajade
Bojone priyayi marang sing lanang
Priyayi marang priyayi yen wis ngoko-ngokonan (kulina/raket)
Basa ngoko andhap bisa diperang dadi :
  1. Antya Basa (wujude tembung ngoko lan krama inggil). Ciri-cirine :
Aku, tetep ora owah
Kowe, kanggo pawongan kang diajeni diowahi dadi panjenengan, ki raka,kangmas
Ater-ater dak-, ko-, di- lan panambang -ku, -mu, -e, -ake ora owah
Tuladha :
Mas, aku nyuwun ngampil kagungane buku sewengi wae.
Ora, kangmas ki suwé ora ngetingal-ngetingal iku tindak ngendi?
Wah, adhimas ki rada ngece. Genah wis pirsa bae kok mundhut pirsa.
  1. Basa Antya (wujude tembung ngoko, krama inggil lan krama). Ciri-cirine :
Aku, tetep ora owah
Kowe, kanggo pawongan kang diajeni diowahi dadi panjenengan, ki raka,kangmas
Ater-ater dak-, ko-, di- tetep ora owah
Tuladha :
Mas, aku ora bisa nyaosi apa-apa marang panjenengan, kejaba mung bisa ndherek muji rahayu, muga-muga panjenengan saged remen, lan saged ngangsu kawruh sing migunani tumrap nusa lan bangsa.
Dak arani sliramu dhèk mau bengi saèstu mriksani ringgit ana ing dalemé Pak Lurah. Gèk lampahé baé apa ya dhimas, teka gamelané sedalu natas ngungkung baé, ora ana pedhot-pedhoté.
(sumber tulisan : jv.wikipedia.org lan cathetan Basa Jawa nalika ing bangku sekolah)

C. BASA KRAMA 
1. Krama Inggil
Bahasa krama inggil itu lebih menghargai orang lain, juga disebut basa krama halus.

Contohnya.
1. Bapak tindak dhateng Jakarta dinten Minggu.
2. Pak Bagyo nembe mucal kelas sekawan.
3. Pak Badrun mundhut sepatu.
4. Eyang kakung nembe siram.
5. Buku kulo dipun asto Bu Guru.

Kalau kita perhatikan, kalimat di atas diucapkan sangat halus sekali, sebagai bentuk untuk ngajeni (menghormati) antarane Bapak, Pak Bagyo, Pak Badrun, Eyang Kakung dan Bu Guru.

2. Krama Lugu
Kalimat berbahasa Jawa ragam Krama lugu : adalah kalimat yang didalamnya terdiri dari kata-kata berbahasa Jawa krama, kalimat ini biasanya digunakan untuk membahasakan diri sendiri. Terdiri dari kata-kata berbahasa Jawa krama.
Contoh  " Kula dereng tilem."
 D. BASA KEDHATON
Basa Kedhaton yaiku basa kang kanggone mung ana kedhaton. Kaanggo tumrap para sentana lan abdining ratu ing wektu seba ing ngarsaning ratu.

Conto :
1. Punapi sira darbe kawasisan ingkang linuwih ?
2. Jengandika punapi sampun mengertos pawartos puniki ?

Ewone basa kedhaton liyane :

nedha = mangan
puniku = iku
wonten = ana
punapi = apa
dhawak = dhewe
jengandika = kowe
siyos = sida
darbe = duwe
puniki = niki 

E. BASA KASAR
Digunakan oleh rakyat banyak sehari-hari yang menurut bahasa memakai kata-kata yang tergolong kasar atau tidak sopan, biasa digunakan oleh orang yang tidak pernah belajar undak usuk basa.


Panduan Kegiatan MOS

*Panduan Kegiatan MOS pada Tahun Ajaran Baru di masa Pandemi Covid 19* Kegiatan ini dpt di lakukan 1-2 minggu tergantung bagaimana dgn kese...