PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan :
Negeri
Kelas : II
Semester : I
Tahun : 2017/2018
Smtr
|
Tema
|
Stándar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
AW
|
KET
|
1
|
Diri Sendiri
|
1.
PKn
Membiasakan hidup bergotong royong
|
1. PKn
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan
tolong menolong.
|
||
2.
IPS
Memahami peristiwa penting dalam keluarga
secara kronologis
|
2. IPS
· Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya
·
Memanfaatkan
dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis
|
||||
3. IPA
Mengenal bagian –bagian utama tubuh
hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan
tumbuhan serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup.
|
3. IPA
·
Mengenal
bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui
pengamatan.
·
Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di
lingkungan sekitar
|
||||
4. Matematika
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
|
4. Matematika
·
Membandingkan
bilangan 1 sampai 500
· Mengurutkan bilangan sampai 500
|
||||
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami teks pendek dan puisi anak yang
dilisankan.
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui
kegiatan bertanya, bercerita dan
deklamasi.
Membaca
· Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
·
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan
dikte.
|
5.
Bahasa
Indonesia
· Menyebutkan kembali dengan kata-kata
atau kalimat sendiri isi teks pendek .
· Mendeskripsikan isi puisi
·
Bertanya
kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan
santun berbahasa.
·
Mendeklamasikan
puisi denga ekspresi yang tepat.
· Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15
kalimat)
· Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
· Melengkapi cerita sederhana dengan kata
yang tepat.
· Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan
guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf
capital, tanda titik.
|
||||
6. Seni Budaya Keterampilan
· Seni Rupa : Mengapresiasi karya seni rupa.
· Seni Tari : Mengapresiasi karya seni tari
|
6. Seni Budaya Keterampilan.
· Mengenal unsure rupa pada karya seni
rupa
· Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
unsure rupa pada karya seni rupa.
· Mengidentifikasi gerak alam semesta
|
||||
PERISTIWA
|
1.
PKn
Membiasakan hidup bergotong royong
|
1. PKn
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan
tolong menolong.
|
|||
2.
IPS
Memahami peristiwa penting dalam keluarga
secara kronologis
|
· Memelihara dokumen dan koleksi
benda berharga miliknya
Menceritakan peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis
|
||||
3. IPA
Mengenal bagian –bagian utama tubuh
hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan
tumbuhan serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup.
|
·
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada
pertumbuhan hewan ( ukuran) dan tumbuhan ( dari biji menjadi tanaman)
·
Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan
cair yang ada di lingkungan sekitar.
· Menunjukkan
perubahan bentuk dan wujud benda (
plastisin/tanah liat, adonan tepung ) akibat dari kondisi tertentu
|
||||
4. Matematika
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
|
· Menentukan nilai tempat ratusan puluhan
dan satuan
|
||||
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami teks pendek dan puisi anak yang
dilisankan.
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui
kegiatan bertanya, bercerita dan
deklamasi.
Membaca
· Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
·
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan
dikte.
|
·
Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek .
·
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
· Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
· Melengkapi cerita sederhana dengan kata
yang tepat
|
||||
6. Seni Budaya Keterampilan
· Seni Rupa : Mengapresiasi karya seni rupa.
· Seni Tari : Mengapresiasi karya seni tari
|
· Menekpresikan diri melalui gambar
ekpresif
·
Mengekspresikan
diri melalui teknik cetak
tunggal.
· Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta
|
||||
HIBURAN
|
1.
PKn
Membiasakan hidup bergotong royong
|
·
Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan
tolong menolong di rumah dan di sekolah.
·
Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
|
|||
2.
IPS
Memahami peristiwa penting dalam keluarga
secara kronologis
|
·
Memanfaatkan dokumen dan benda penting
keluarga sebagai sumber cerita.
·
Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga
secara kronologis
|
||||
3. IPA
Mengenal bagian –bagian utama tubuh
hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan
tumbuhan serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup.
|
·
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan
tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
·
Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan
cair yang ada di lingkungan sekitar.
·
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal
dengan kegunaanya melalui pengamatan.
|
||||
4. Matematika
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
|
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500.
|
||||
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami teks pendek dan puisi anak yang
dilisankan.
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui
kegiatan bertanya, bercerita dan
deklamasi.
Membaca
· Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
·
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan
dikte.
|
·
Menyebutkan
kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
· Bertanya
kepada orang lain dengan
menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
· Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang
tepat.
· Menulis
kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital,
tanda titik.
|
||||
6. Seni Budaya Keterampilan
· Seni Musik: Mengapresiasi karya seni Musik.
· Mengekpresikan diri melalui karya seni
musik
· Seni Tari : Mengapresiasi diri melalui karya seni tari
|
·
Mengidentifikasi unsure musik dari berbagai
sumber bunyi yang dihasilan benda bukan alat musik
· Menggerakkan
tubuh secara spontan, mengikuti bunyi perangsang gerak.
|
||||
LINGKUNGAN
|
1.
PKn
Membiasakan hidup bergotong royong
|
·
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling
berbagi dan tolong menolong.
·
Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti
dunia tumbuhan dan dunia
hewan.
|
|||
2.
IPS
Memahami peristiwa penting dalam keluarga
secara kronologis
|
· Memanfaatkan dokumen dan benda penting
keluarga sebagai sumber cerita.
|
||||
3. IPA
Mengenal bagian –bagian utama tubuh
hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan
tumbuhan serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup.
|
·
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah
melalui pengamatan.
|
||||
4. Matematika
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
|
· Menggunakan
alat ukur waktu dengan satuan jam
|
||||
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami teks pendek dan puisi anak yang
dilisankan.
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui
kegiatan bertanya, bercerita dan
deklamasi.
Membaca
· Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
·
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan
dikte.
|
· Menyebutkan kembali dengan kata-kata
atau kalimat sendiri isi teks pendek
· Menceritakan kegiatan sehari-hari
· Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15
kalimat)
· Melengkapi cerita sederhana dengan kata
yang tepat.
· Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan
guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf
capital, tanda titik.
|
||||
6. Seni Budaya Keterampilan
· Seni Musik: Mengekpresikan diri melalui karya seni musik
· Seni Tari : Mengapresiasi diri melalui karya seni tari
|
·
Mengungkapkan
perasaan yang dialami melalui
perubahan tempo pada lagu dengan gerakan.
·
Mengekpresikan diri melalui alat musik atau
sumber bunyi sederhana.
· Menangpai gerak alam semester dalam
bentuk gerak tari
|
||||
KESEHATAN
|
1.
PKn
Membiasakan hidup bergotong royong
|
·
Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti
dunia tumbuhan dan dunia hewan.
·
Melaksanakan pemeliharaan lingkunganalam.
|
|||
2.
IPS
Memahami peristiwa penting dalam keluarga
secara kronologis
|
Menceritakan peristiwa penting dalam
keluarga secara kronologis
|
||||
3. IPA
Mengenal bagian –bagian utama tubuh
hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan
tumbuhan serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup.
|
· Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan
membahayakan
|
||||
4. Matematika
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
|
· Menggunakan
alat ukur panjang tidak
|
||||
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami teks pendek dan puisi anak yang
dilisankan.
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui
kegiatan bertanya, bercerita dan
deklamasi.
Membaca
· Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
· Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan
dikte.
|
· Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks
pendek .
·
Mendeskripsikan isi puisi
·
Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang
tepat.
·
Menyimpulkan
isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·
Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
· Melengkapi
cerita sederhana dengan kata yang
tepat.
|
||||
6. Seni Budaya Keterampilan
· Seni Musik: Mengekpresikan diri melalui karya seni
musik
· Keterampilan :
Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan
|
·
Mengekpresikan diri melalui alat musik atau
sumber bunyi sederhana.
·
Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn
atau tanpa iringan sederhana.
·
Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari
bahan alam.
·
Menyiapkan bahan alam untuk pembuat cat
|
||||
TEMPAT UMUM
|
1.
PKn
Membiasakan hidup bergotong royong
|
Melaksanakan hidup
rukun saling berbagi dan tolong
menolong di rumah dan di sekolah
|
|||
2.
IPS
Memahami peristiwa penting dalam keluarga
secara kronologis
|
Menceritakan peristiwa penting dalam
keluarga secara kronologis
|
||||
3. IPA
Mengenal bagian –bagian utama tubuh
hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan
tumbuhan serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup.
|
·
Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup ( air,
tanah, dan tempat lainnya )
· Mengidentifikasi
benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
|
||||
4. Matematika
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
|
·
Menggunakan alat ukur berat
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan berat benda
|
||||
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami teks pendek dan puisi anak yang
dilisankan.
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui
kegiatan bertanya, bercerita dan
deklamasi.
Membaca
· Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
·
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan
dikte.
|
· Menyebutkan kembali dengan kata-kata
atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·
Mendeskripsikan isi puisi
·
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·
Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang
tepat
·
Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15
kalimat)
· Menjelaskan
isi puisi anak yang dibaca.
· Menulis kalimat sederhana yang
didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan
huruf capital tanda titik.
|
||||
6. Seni Budaya Keterampilan
· Seni Musik: Mengekpresikan diri melalui karya seni
musik
· Keterampilan :
Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan
|
·
Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn
atau tanpa iringan sederhana.
· Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan
penonton
·
Membuat
cat pewarna dari bahan alam.
|
||||
Jumlah
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
SAHERI,S.Pd
NIP.196601111992111002
|
Jingkang,17 juli 2017
Guru Kelas II
DARWATI
|
Satuan Pendidikan :
Negeri
Kelas : II
Semester : II
Tahun : 2017/2018
Smtr
|
Tema
|
Stándar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
AW
|
KET
|
2
|
PERISTIWA
|
B. Indonesia :
·
Memahami pesan pendek dan dongeng yang
dilisankan
·
Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi
dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
·
Memehami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring
dan membaca dalam hati
·
Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda
di sekitar dan menyalin puisi anak
|
·
Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya
kepada orang lain.
·
Menceritakan kembali isi dongeng yang di
dengarkan.
·
Menceritakan kembali cerita anak yang
didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Menyebutkan isi teks agak panjang (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
·
Menyalin puisi anak dengan huruf tegak
bersambung yang rapi
|
||
IPS :
· Memahami kedudukan dan peran anggota
dalam keluarga dan lingkungan tetangga
|
· Mendeskripsikan kedudukan dan peran
anggota keluarga.
· Menceritakan pengalaman dalam
melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
· Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
|
||||
IPA :
· Mengenal berbagai sumbar energi yang
sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
· Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam
kehidupan sehari-hari
|
· Mengidentifikasikan sumber-sunber energi
(panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
· Mengidentifikasi kenampakan
matahari pada pagi, siang dan sore
hari.
· Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya
matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
||||
SBK :
· Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan
model benda yang terapung di air
|
·
Berkreasi dengan cat warna.
|
||||
KEGEMARAN
|
B. Indonesia :
§
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca
nyaring dan membaca dalam hati.
§
Menulis
permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
|
§ Membaca nyaring teks sebanyak 15 –20
kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
§
Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis
|
|||
IPS :
§ Memahami kedudukan dan peran anggota
dalam keluarga dan lingkungan tetangga
|
§ Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota
keluarga.
|
||||
KTK :
§ Mengenal, mengingat dan mengekpresikan
unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi kedalam karya seni
rupa.
§ Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan
unsure-unsur musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya
musik.
§ Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan
unsure-unsur gerak tari melalui pengalaman kepekaan indrawi.
§ Memahami nilai berkarya dan menyajikan
proses pembuatan model benda yang terapung
|
§ Mengekpresikan diri dengan berekplorasi
gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
§ Mengekpresikan diri dengan penampilan
musik.
§ Mengekpresikan diri dengan menanpilkan
gerak tari.
§ Berkreasi
dengan cat warna
|
||||
BUDI PEKERTI
|
B. Indonesia :
§ Mendengarkan : memahami pesan pendek dan dongeng yang
dilisankan.
§ Berbicara : mengungkapkan secara lisan beberapa informasi
dengan mendeskripsikan benda
§
Menulis : menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda
di sekitar dan menyalin puisi anak
|
§ Menyampaikan pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain.
§ Menceritakan kembali cerita anak yang
didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§
Menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung
|
|||
IPS :
§ Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
|
§
Mengenal
kegiatan bermusyawarah
§
Menghargai suara terbanyak.
§ Menampilkan
sikap mau menerima kekalahan.
§ Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan
dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari
|
||||
LINGKUNGAN
|
B. Indonesia :
Berbicara :
· Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan
bercerita.
Menulis :
·
Menulis
permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
|
B. Indonesia
·
Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan
menggunakan kalimat yang mudah di pahami orang lain.
· Menceritakan
kembali cerita anak yang
didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
· Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar
secara sederhana dengan bahasa tulis.
·
Menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi
|
|||
Matematika
· Bilangan : melakukan perkalian dan
pembagian bilangan sampai
dua angka.
· Geometri
: mengenal unsure bangun datar sederhana
|
Matematika
·
Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya
bilangan dua angka.
·
Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua
angka.
· Melakukan
operasi bilangan campuran.
· Mengelompokkan bangun datar.
· Mengenal sudut bangun datar
|
||||
IPA
· Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
·
Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
IPA
· Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang
ada di lingkungan sekitar.
· Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di
lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
· Mengidentifikasi kenampakan matahari
pada pagi, siang dan sore hari.
· Mendeskripsikan kegunaan panas dan
cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
||||
IPS
·
Memahami
kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
|
IPS
·
Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran
dalam anggota keluarga.
· Memberi
contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
|
||||
SBK
·
Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure
rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa.
·
Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure
musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
·
Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung
|
SBK
· Mengekpresikan diri dengan berekplorasi
gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
· Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
· Berkreasi dengan cat warna
|
||||
6. Seni Budaya Keterampilan
· Seni Musik: Mengekpresikan diri melalui karya seni musik
· Seni Tari : Mengapresiasi diri melalui karya seni tari
|
·
Mengungkapkan
perasaan yang dialami melalui
perubahan tempo pada lagu dengan gerakan.
·
Mengekpresikan diri melalui alat musik atau
sumber bunyi sederhana.
· Menangpai gerak alam semester dalam
bentuk gerak tari
|
||||
KEGIATAN SEHARI-HARI
|
PKn
§
Membiasakan hidup bergotong royong
|
§ Mengenal pentingnya hidup rukun, saling
berbagi dan tolong menolong
§
Melaksanakan
pemeliharaan lingkungan alam
|
|||
IPS
§ Memahami peristiwa penting dalam
keluarga secara kronologis
|
§ Memanfaatkan dokumen dan benda penting
keluarga sebagai sumber cerita
|
||||
Matematika
§ Melakukan pengurangan dan penjumlahan
bilangan sampai 500
|
§ Membandingkan
bilangan sampai 500
§ Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan
dan satuan
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 500
§ Menggunakan alat ukur waktu dengan
satuan jam
§ Mengukur dan menggunakan alat ukur
panjang
§ Mengukur dan menggunakan alat ukur berat
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan berat benda
|
||||
IPA
§
Mengenal
bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan
tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
|
§ Mengenal bagian-bagian utama hewan dan
tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
§ Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat
dan cair yang ada di sekitar
§ Mengidentifikasi benda-benda yang
dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
|
||||
B.
Indonesia
Berbicara
§
Mengucapkan pikiran, perasaan dan pengalaman
secara lisan melalui kegiatan bertanya, berbicara dan deklamasi
Membaca
§
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
Menulis
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
|
§ Bertanya kepada orang lain dalam
menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam berbahasa
§ Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi
yang tepat
§ Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan
bahasa yang mudah dipahami orang lain
§
Mengumpulkan teks pendek ( 15 kalimat yang
dibaca dengan membaca lancar
§
Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
§
Melaengkapi cerita sesuai dengan kata yang
tepat
§ Menuliskan
kalimat sederhana yang di diktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan penulisan huruf
kapital dan cetak
|
||||
§ SBK
§ Mengenal dan menanggapi serta
mengekpresikan unsure-unsur rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke
dalam karya seni rupa
|
§
Mengenang berbagai unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
§
Menanggapi berbagai unsure rupa dan
perpaduannya bintik, garis, bidang, warna dan bentuk
§ Mengenal
unsure-unsur bunyi musik dan
perpaduannya melalui kepekaan indrawi
|
||||
KESEHATAN
|
B. Indonesia
Mendengarkan
§ Memahami pesan pendek dan dongeng yang
dilisankan
§ Mengungkapkan secara lisan beberapa
informasi dengan mendeskripsikan benda dengan bercerita.
§ Memahami wacana tulis dengan membaca
nyaring dan membaca dalam hati
§
Menyalin
puisi anak dengan hurup tegak bersambung yang rapi
|
§ Menyampaikan pesan pendek yang
didengarkannya kepada orang lain
§ Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang
di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
orang lain
§ Membaca nyaring teks sebanyak 15 – 20
kalimat dengan memperhatikan lapal dan intonasi yang tepat.
§
Meyalin
puisi anak dengan hurup tegak bersambung yang rapi
|
|||
IPA
§ Memahami peristiwa alam
danpengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Mendeskripsikan
kegunaan panas dan cahaya
matahari dalam kehidupan sehari-hari.
|
||||
IPS
§
Memahami
kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
|
§ Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama
di lingkungan tetangga
|
||||
Jumlah
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
oooooooooooooo
|
Jingkang,17 juli 2017
Guru Kelas II
ooooooooooooooooo
|