Saturday, May 13, 2017

Laporan PRAKERIN TSM & TKR SMK

LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
TUNE UP KARBURATOR SEPEDA MOTOR JUPITER Z
DI BENGKEL GALUH MOTOR JINGKANG



SIMBOL-MA_ARIF-NU-YANG-BENAR.jpg




DI SUSUN OLEH :
NAMA     : JAENAL ARIFIN
NIS           : 154541




SMK MA’ARIF NU 1 CILONGOK
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR
2017
HALAMAN PENGESAHAN INSTITUSI

Laporan Prakerin ini telah diajukan,diperiksa dan disahkan oleh pembimbing instansi/Industri  Galuh Motor pada :



Hari                 :
Tanggal            :
Tempat            : Bengkel Galuh Motor Jingkang




Direktur/Kepala/Pimpinan
Galuh Motor


(Tarno)
Mengetahui :

Pembimbing Instansi/Industri



(Yusli)




HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH

Laporan Prakerin ( Praktek Kerja Industri ) ini telah diajukan,diperiksa dan disahkan oleh Kepala Sekolah dan Guru Pembimbing SMK Ma’arif NU 1 Cilongok Pada :



Hari                    :
Tanggal              :
Tempat               : SMK Ma’arif NU 1 Cilongok




Kepala
SMK Ma’arif NU 1 Cilongok


( Dra. Nuan Sukini )
Mengetahui :

Pembimbing



( Gilang Maulana, S.Pd )



KATA PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan hasil praktek kerja industri yang dilaksanakan selama dua bulan di GALUH MOTOR
            Laporan Praktek Kerja Industri ini disusun dalam rangka memenuhi syarat untuk mengikuti ujian Nasional dan sebagai laporan pelaksanaan Praktek Kerja Industri tahun pelajaran 2016 / 2017.
            Penulis menyadari bahwa laporan Praktek Kerja Industri ini tidak dapat tersusun dengan baik tanpa bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis dengan tulus menyampaikan terima kasih kepada :
1.     Dra.Nuan Sukini, selaku Kepala Sekolah Smk Ma’arif NU 1 Cilongok yang telah memberikan kesempatan dan ijin pada penulis sehingga dapat melaksanakan Prakerin.
2.    Gilang Maulana, S.Pd sebagai pembimbing prakrein dari Sekolah.
3.    Bapak Tarno, sebagai pembimbing dari GALUH MOTOR
5.    Semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Laporan Prakerin ini.Semoga Laporan Prakerin ini bermanfaat bagi siapa saja yang memerlukannya





DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL                         ...................................................................
HALAMAN PENGESAHAN           ...................................................................
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH .........................................................
KATA PENGANTAR                       ...................................................................
DAFTAR ISI                                      ...................................................................
DAFTAR GAMBAR                         ...................................................................
DAFTAR LAMPIRAN                     ...................................................................
BAB I PENDAHULUAN                 ...................................................................
A.  Latar Belakang Prakerin (Praktik Kerja Industri/Instansi) ..................
B.  Tujuan Prakerin (Praktik Kerja Industri/Instansi) ................................
C.  Tujuan Pembuatan Laporan ..................................................................
D.   Batasan Masalah ...................................................................................
E.   Tempat dan Waktu ...............................................................................
F.   Sistematika Pelaporan ..........................................................................
BAB II TINJAUAN UMUM ................................................................................
A.  Sejarah Instansi .....................................................................................
B.  Struktur Organisasi Institusi ..................................................................
BAB III URAIAN KEGIATAN ............................................................................
A.  Pendahuluan ..........................................................................................
B.  Data Teknis ...........................................................................................
C.  Uraian Persiapan Kerja .........................................................................
D.  Gambar Kerja ........................................................................................
E.   Uraian Proses Kerja ..............................................................................
F.   Pembahasan ..........................................................................................
BAB IV PENUTUP ..............................................................................................
A. Kesimpulan ...........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA ...........................................................................................
LAMPIRAN

















DAFTAR GAMBAR
Gambar 1.1     Karburator PE Series
1.2     Karburator PJ Series
1.3     Karburator PWK Series
1.4     Karburator FCR
1.5     Karburator Mikuni TM
1.6     Cara Kerja Karburator
1.7     Anggota prakerin servis karburator
1.8     Karburator Motor Jupiter Z
1.9     Skep Karburator Mesin Motor Jupiter Z
1.10   Dalam Karburator Mangkok dibuka
1.11   Karburator yang sudah di bersihkan











DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1. Absensi
                 2. Agenda Harian




















BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Prakerin (Praktik Kerja Industri/Instansi)
          Praktek Kerja Industri / Instansi atau Prakerin adalah suatu bentuk pelaksanaan pendidikan keahlian yang menggabungkan antara program pendidikan di sekolah dengan program keahlian yang di peroleh siswa secara langsung di dunia kerja untuk mencapai keahlian profesional di bidang tertentu.
          Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif NU 1 Cilongok merupakan sekolah kejuruan yang memiliki dua kelompok keahlian yaitu Bisnis Manajemen dan Teknologoi Industri.Dengan kurikulum SMK yang berpola sistem ganda memungkinkan pelaksanaan kegiatan di sekolah dan di Industri/Instansi sesuai dengan program keahlian masing-masing jurusan.Pelaksanaan kegiatan praktek ini merupakan langkah sekolah untuk dapat mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia / siswa di dunia kerja industri/instansi secara langsung.
B.     Tujuan Prakerin (Praktik Kerja Industri/Instansi)
          Praktek Kerja Industri / Instansi atau Prakerin merupakan bagian pendidikan sistem ganda akan menjadi salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan Menengah Kejuruan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 2/1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 1992 tentang peranan masyarakat dalam Pendidikan Nasional dan Kepmendikbud Nomor 080/U/1993 tentang kurikulum SMK.
Penyelenggaraan Praktek Kerja Industri / Instansi bertujuan antara lain :
1.      Meningkatkan mutu dan melevansi pendidikan kejuruan melalui peran dunia industri/ usaha
2.      Menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
3.      Menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan, ketermapilan dan sikap yang menjadi bakat dasar pengembangan dirinya secara berkelanjutan.
4.      Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
5.      Meningkatkan efesiensi penyelenggaraan pendidikan menengah kejuruan melalui pendayagunaan sumber daya pendidikan yang ada di dunia kerja
6.      Melatih siswa untuk jadi siswa yang produktif,mampu bekerja sendiri dan dapat mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia kerja.
7.      Mengembangkan sikap disiplin
8.      Dapat menerapkan ajaran yang di berikan oleh Bapak/Ibu Guru waktu pelajaran di sekolah.
9.      Menyiapkan  siswa agar mampu memilih karir dan berkompetensi di lingkungan kerja sesungguhnya sesuai dengan bidang keahlian yang di miliki
10.  Sebagai pembanding antara teori yang ada di sekolah dan praktikum.


C.    Tujuan Pembuatan Laporan
1.         Sebabgai bukti siswa telah melakukan prakerin sesuai dengan waktu yang telah di tetapkan sekolah
2.         Sebagai bukti pertanggungjawaban siswa atas pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin)
3.         Sebagai alat bukti tertulis bahwa siswa telah melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin)
4.         Mampu memahami dan mengembangkan pelajaran
5.         Siswa mampu mencari alternatif masalah kejuruan sesuai dengan program studi yang di pilih dari karya tulis yang di susun
6.         Meningkatkan sumberdaya siswa baik yang bersifat Kognitif,Psikomotorik dan Afektif
D.    Batasan Masalah
       Dalam penulisan laporan Prakti Kerja Industri ini penulis membahas tentang karburator motor yang di berikan oleh pembimbing prakerin de bengkel GALUH MOTOR.
E.     Tempat dan Waktu
          Tempat pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) SMK Ma’arif NU 1 Cilongok di Galuh Motor.Waktu pelaksanaan Prakerin tanggal 19 Desember 2016 sampai dengan tanggal 19 Maret 2017.



Waktu jam kerja sesuai jadwal di Galuh Motor sebagai berikut :
No
Hari
Jam Kerja Karyawan
Jam Kerja Prakerin
Seragam Siswa Prakerin
1
Senin
09.00 – 17.00
09.00 – 17.00
Wear Pack
2
Selasa
09.00 – 17.00
09.00 – 17.00
Wear Pack
3
Rabu
09.00 – 17.00
09.00 – 17.00
Wear Pack
4
Kamis
09.00 – 17.00
09.00 – 17.00
Wear Pack
5
Jum’at
09.00 – 17.00
09.00 – 17.00
Libur
6
Sabtu
09.00 – 17.00
09.00 – 17.00
Jurusan

F.     Sistematika Pelaporan
HALAMAN JUDUL                 
HALAMAN PENGESAHAN
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH
KATA PENGANTAR               
DAFTAR ISI                                          
DAFTAR GAMBAR                             
DAFTAR LAMPIRAN             
BAB I PENDAHULUAN                     
A.  Latar Belakang Prakerin (Praktik Kerja Industri/Instansi)
B.   Tujuan Prakerin (Praktik Kerja Industri/Instansi)
C.   Tujuan Pembuatan Laporan
D.  Batasan Masalah
E.   Tempat dan Waktu
F.    Sistematika Pelaporan
BAB II TINJAUAN UMUM
A.    Sejarah Instansi
B.     Struktur Organisasi Institusi
BAB III URAIAN KEGIATAN
A.    Pendahuluan
B.     Data Teknis
C.     Uraian Persiapan Kerja
D.    Gambar Kerja
E.     Uraian Proses Kerja
F.      Pembahasan
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN







BAB II
TINJAUAN UMUM
A.    Sejarah Institusi
             Sejarah berdirinya bengkel “Galuh Motor” yang beralamat di Desa Jingkang merupakan bengkel yang bergerak pada jasa perbengkelan sepeda motor roda dua yang di dirikan pada bulan Februari 2002 oleh seorang warga yang bernama Tarno
             Pada waktu pendirian usaha perbengkelan yang akan di dirikan oleh Bapak Tarno yang pada tahun itu kebetulan di karuniai seorang putri yang di beri nama Galuh sehingga usaha perbengkelan yang akan di dirikan Bapak Tarno di beri nama “Galuh Motor” dan bengkel ini memiliki tempat yang strategis itu membuat banyak komsumen yang datang ke bengkel Galuh Motor tersebut.Bengkel Galuh Motor memiliki peralatan yang cukup lengkap dalam dunia perbengkelan di antaranya ( satu unit kompresor angin,satu set pas dan ring,satu obeng ketrok, satu obeng ketruk,satu set kunci T,satu set Tleker,satu unit kunci inggris,empat unit obeng (+),dua unit obeng (-),jangka sorong,tujuh tang dengan berbagai jenis,dua gagang sok,satu set kunci sok,dan masih banyak lagi yang belum dapat di sebutkan).





B.     Struktur Organisasi Institusi
STRUKTUR ORGANISASI BENGKEL GALUH MOTOR JINGKANG














BAB III
URAIAN KEGIATAN
A.    Pendahuluan
             Setiap sepeda motor yang di operasikan pada akhirnya akan mengalami suatu keadaan dimana bagian-bagian dari sepeda motor tersebut (mesin,transmisi,rangka,dsb) mengalami kelelahan dan ke ausan sehingga mengurangi kinerja di antaranya : Tenaga mesin menurun,akselerasi lambat,bahan bakar boros dan kemungkinan kerusakan berlanjut atau merembet terhadap kerusakan komponen yang lain.Apabila kondisi tersebut tidak di tanggulangi melalui perawatan berkala kendaraan,maka keadaan tersebut meningkat kearah kerusakan komponen yang bertambah parah dan membutuhkan dana yang cukup besar untuk mengembalikan sepeda motor pada kondisi semula.
             Tune up adalah pekerjaan servis ringan mesin yang bertujuan untuk mendapatkan performa mesin yang maksimal ,dan juga menjaga agar mesin tetap dalam kondisi yang baik dan prima.Karena mesin di operasikan secara terus menerus,maka akan memungkinkan terjadinya penurunan performa mesin.oleh karena itu agar motor tetap memnghasilkan daya kerja yang maksimum mak perlu di lakukan tune up motor secara periodik.
             Pekerjaan tune up harus di lakukan sesuai prosedur dari pabrik pembuatnya,baik urutan pengerjaan,pemeriksaan,ukuran penyetelannya dan lain-lain.ini di maksudkan untuk efisiensi proses kerja  dan supaya hasilnya sesuai standart yang di rekomendasikan oleh pabrik pembuatnya.
             Sebelum kegiatan Tune up dilakukan,lebih baiknya kita memanaskan mesin (menghidupkan mesin) terlebih dahulu untuk mmengidentifikasi keadaan dari mesin itu sendiri,identifikasi di lakukan misalnya putaran Idle terlalu besar ataupun terlalu kecil,mesin pincang,mbrebet,adanya suara yang tidak normal pada mesin dan lain sebagainya.
             Jadi secara umum pengertian Tune Up adalah suatu pekerjaan atau kegiatan khususnya pada engine/mesin yang bertujuan agar performa mesin/engine tersebut lebih maksimal atau optimal,dan pekerjaan dapat berupa pemeriksaan,pengukuran dan pencocokan dengan standart pabrik,penyetelan,perbaikan,perawatan dan atau penggantian komponen jika di perlukan.
             Tune Up merupakan kegiatan perawatan berkala pada sepeda motor,dimana kegiatan ini meliputi :
1.      Memeriksa bagian-bagian sepeda motor untuk memastikan bagian tersebut masih berfungsi sebagaimana mestinya.
2.      Membersihkan bagian yang kotor agar kotoran yang ada tidak merusak sistem.
3.      Menyetel bagian yang berubah agar sesuai dengan spesifikasinya.
4.      Memperbaiki/mengganti komponen yang rusak/aus.
      Di harapkan dengan di lakukan Tune Up berkala dengan baik maka akan di peroleh :
1.      Usia komponen/kendaraan lebih lama
2.      Konsumsi bahan bakar lebih ekonomis
3.      Tenaga mesin optimal
4.      Kadar polusi/emisi gas buang kendaraan lebih rendah.
      Uraian rangkaian kegiatan yang di lakukan setiap melaksanakan Tune Up sepeda motor adalah sebagai berikut :
1.      Bagian Mesin
a.       Memeriksa dan mengganti oli pelumas mesin
b.      Membersihkan saringan udara
c.       Membersihkan saringan bahan bakar
d.      Memeriksa dan menyetel busi
e.       Membersihkan karburator
f.       Menyetel katup
g.      Menyetel campuran bahan bakar/putaran mesin
h.      Menyetel kebebasan kopling
2.      Bagian Kelistrikan
a.       Memeriksa dan merawat baterai
b.      Memeriksa fungsi kelistrikan (bel, lampu tanda belok, lampu
3.      Bagian Chasis
a.       Memeriksa dan menyetel gerak bebas rem
b.      Memeriksa, merawat dan menyetel gerak bebas rantai roda
c.       Memeriksa kekocakan poros kemudi
d.      Memeriksa kondisi ban dan menyetel tekanan angin ban
e.       Memeriksa dan mengencangkan baut-baut pengikat (baut rangka, baut pengikat mesin, tuas starter, tuas transmisi, dsb)
B.     Data Teknis
1.      Karburator
            Karburator adalah salah satu alat vital di motor,tanpa karburator mesin motor tidak akan mungkin dapat hidup karena tidak ada yang bertugas untuk mengkabutkan bensin kedalam mesin motor kita.Oleh karena itu sangat di anjurkan untuk selalu menservis karburator jika motor mbrebet atau 3 bulan sekali supaya motor kita tetap dalam keadaan prima.
2.      Jenis-jenis Karburator
a.      Karburator PE series
          Ukuran PE 24-38 yaitu PE 24, PE 28, PE 38. Bagi penyuka kecepatan, cocok untuk harian maupun balap drag motor bebek 105-125cc maupun kelas skutik bore up hingga 200 cc karena kemampuannya untuk direamer menjadi 31mm dan Sangat cocok untuk yang menginginkan top speed dan turing dalkot (dalam kota) maupun lukot (luar kota).
   Berikut Ciri-cinya:
1)      Skep dari ukuran 28mm.
2)      Setelan stationer warna hitam (sudco)
3)      Setelan stationer kuning (NSR SP)
4)      Skep bulat berlapis krom
5)      Performa tarikan bawah dan atas bagus
6)      Mampu direamer hingga 31mm
7)      Setting PJ MJ mudah
8)      Irit bahan bakar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgujLMNizn_FzpFxOifsqr2SWYBNhzrfB0axHQh1ecmaVc987gzjXpHSdyrzihuKll7YaDIdMmftOKgC-r5ElCVq9KJ-5URnkdnt6xdkEdgShnZEQwtlKktEwZ6xu4fYa4TmKz6xy8r4JU/s1600/
Gambar 1.1 karbu PE Series
b.      Karburator PJ Series
          Karbu PJ series, karbu ini cukup terkenal dikalangan penggemar motor 2 tak karena karbu ini cukup memuaskan peformanya jika dipasang ke mesin 2 stroke ketimbang karbu PE dkk. Karburator ini sudah terbukti kemampuannya karena skep model oval yang unik ini.Memiliki kemampuan untuk membuat mesin memiliki respon jauh lebih cepat dari pada karburator standard ber-skep bundar. Keuntungannya adalah akselerasi lebih cepat dan peningkatan performa mesin. PJ Oval 34mm slide ini sangat cocok untuk ATV & Motocross.
Ciri-cirinya:
1)      skep oval dan berlapis krom
2)      ukuran skep lebar mnambah tenaga di Putaran rendah ke Putaran tengah.
3)      mudah setting basah dan kontrol kecepatan
4)      spare part pj mj mudah dicari
5)      tersedia ukuran venturi 34 mm
6)      bensin boros walaupun sudah disetting irit sekalipun.
 PJ series
Gambar 1.2 Karburator PJ Series
c.       Karburator Keihin PWK series
          secara fisik karbu ini hampir mirip sama PJ series bro terutama tutup skepnya yang bulat hitam itu. Namun si PWK ini punya skep berbentuk semi-flat alias berbentuk D. Karburator yang akan menghasilkan tenaga tanpa kompromi. Ukuran Karbu PWK 28-41 yaitu PWK 28 biasa, PWK 28 sudco, PWK 35 air stiker (sudco) dan PWK 41 pro series, tipe ini paling spesial lantaran untuk tarikan bawah dan atas setting karbu mudah didapat. Tapi untuk main-jetnya tidak sama, dimensi lebih panjang.
Ciri-cirinya:
1)      performa bagus di putaran bawah keatas
2)      walaupun sudah disetting ngirit ,karbu ini tetep boros,atau ga bisa ngirit
3)      skep semi flat bentuk skep (D)dengan lapisan chrome
4)      spare part mudah dicari
5)      ada rangkaian quads vent untuk mengurangi tenaga drop saat udara melewati venturi
6)      cocok untuk moto cross dan road race
 Karbu_PWK_28_keihin_black_series
Gambar 1.3 Karburator PWK Series
d.      Karburator FCR
          Karbu FCR ini bentuknya memang beda dari karbu pada umumnya, soalnya ini karbu udah termasuk karburator yang penyetingannya perlu keahlian khusus. Harganya pun juga tidak murah sekitar 5-6juta rupiah bro, jadi ya reviewnya masih sedikit.
FCR Downdraf dan FCR vertical yang tersedia 28 , 33, 35
Karakteristik karbu FCR
Karbu ini direkomendasikan untuk road race,
FCR Horisontal digunakan utk mesin tegak, FCR Downdraft digunakan untuk mesin tidur.
 http://fadelhaidar.files.wordpress.com/2010/12/
       Gambar 1.4 Karburator FCR
e.       Karburator Mikuni TM
          Karbu Mikuni TM ini juga mirip2 sama karbu PWK punya Keihin, cuma karbu ini mengandalkan seni yaitu seni memainkan nosel yang disesuaikan sama kebutuhan mesin dan karbu ini memiliki skep kotak. Tersedia dengan ukuran 24-39 (TM). Karakteristik karbu Mikuni TM. Karbu dengan skep kotak ini memberikan performa yang luar biasa dibandingkan dan skep yg bulat, ini dikarenakan udara yang masuk lebih lancar dan lebih cepat.
Selain kita melihat jenis karburator yang karakternya bisa kita pilih, hal yang terpenting dalam pemilihan karburator adalah perhitungan yang menentukan ukuran venturi karburator yang kita butuhkan
 Karburator MIKUNI
Gambar 1.5 Karburator Mikuni TM
3.      Cara Kerja Karburator
           Cara kerja dari karburator pada sepeda motor itu sendiri, ketika dihidupkan maka piston pada silinder akan menghisap, di mana hisapan ini menjadikan udara di luar masuk pada karburator. Kemudian kecepatan udara akan mengalir melalui spuyer kecil, maka menyebabkan tekanan udara rendah. Sebagai akibatnya bensin pada ruang pelampung pun akan turut terhisap keluar lewat spuyer kecil. Bahan bakar yang keluar naik bercampur bersama udara berbentuk gas atau kabut yang mana merupakan campuran udara bersama bensin. Gas tersebut pun masuk menuju ruang bakar pada mesin untuk dibakar begitupun dengan karburator satria fu.
Gambar 1.6 Cara Kerja Karburator
4.      Fungsi dan Komponen Karburator
          Karburator berfungsi mencampur bahan bakar dengan udara dalam ukuran yang tepat (sesuai kebutuhan) untuk kemudian di salurkan kedalam ruang pembakaran (silinder) Karburator terdiri atas bagian - bagian yang masing - masing mempunyai tugas tertentu dalam rangka memenuhi fungsi yang dibebankan pada karburator. Berikut ini satu persatu bagian tersebut beserta fungsinya, yaitu :
a.       Mangkok karburator (float chamber) Berfungsi mengatur masuknya bahan bakar pada waktu belum digunakan.
b.      Klep / jarum pelampung (floater valve). Berfungsi mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mangkok karburator.
c.       Pelampung (floater). Berfungsi mengatur agar tetap posisi bahan bakar di dalam mangkok karburator.
d.      Skep / katup gas Berfungsi mengatur banyaknya gas yang masuk ke dalam silinder.
e.       Pemancar jarum (main nozzle / needle jet ). Berfungsi memancarkan bahan bakar waktu motor digas, besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
f.       Jarum skep / jarum gas ( Needle Jet). Berfungsi mengatur besarnya semprotan bahan bakar dari main nozzle pada waktu motor digas.
g.      Pemancar besar (main jet). Berfungsi memancarkan bahan bakar waktu motor digas penuh (tinggi).
h.      Pemancar kecil / stationer (slow jet). Berfungsi memancarkan bahan bakar waktu motor langsam / stationer.
i.        Sekrup gas / baut gas (throttle screw). Berfungsi untuk menyetel posisi skep sebelum digas.
j.        Sekrup udara / baut udara ( air screw). Berfungsi untuk mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bahan bakar.
k.      Katup cuk (choke valve) Berfungsi menutup udara luar yang masuk ke karburator sehingga gas menjadi kaya, digunakan pada waktu start.
C.    Uraian Persiapan Kerja
              Sebelum melakukan pekerjaan di dalam bengkel kita harus melakukan persiapan tertentu,yang di lakukan setiap harinya adalah :
1.      Berangkat dari rumah pukul 08.15 WIB
2.      Sampai bengkel Galuh Motor pukul 08.35 WIB
3.      Membuka bengkel
4.      Memakai Wearpack
5.      Menyapu bengkel
6.      Mempersiapkan kunci-kunci dan peralatan kerja
7.      Mengeluarkan motor yang ada di dalam bengkel





D.    Gambar Kerja
Anggota Prakerin saat memperbaiki karburator di bengkel Galuh Motor

 
















Gambar 1.7 Anggota prakerin servis karburator






E.     Uraian Proses Kerja
              Setelah bengkel di buka pukul 09.00 bengkel banyak di kunjungi pelanggan yang melakukan servis motor,para mekanik mulai menanyakan beberapa keluhan-keluhan yang akan di servis kepada konsumen.Setelah itu mekanik mulai mengerjakan,memperbaiki dan mengganti bagian yang rusak dengan sparepart yang baru.Contohnya : mengganti busi yang tidak menyala,lampu yang mati,kampas rem yang aus,gir yang aus,ban yang tipis,sesis yang rusak di ganti dengan yang baru,ganti Oli dan lain-lain.Setelah semua pekerjaan di selesaikan kemudian di lakukan pengetesan oleh mekanik untuk mencoba sepeda motor apakah sudah normal atau belum,kalau sudah normal baru di nyatakan selesai dan di serahkan kepada konsumen setelah melakukan proses pembayaran kepada kasir,semua ini di lakukan sampai jam 12.00 untuk istirahat dan di lanjutkan lagi pukul 13.00 untuk melakukan perbaikan (menservis) sampai jam 17.00 dan bengkel di tutup setelah melakukan pembersihan di sekitar bengkel.Ini di lakukan setiap hari kecuali hari Jum’at bengkel Galuh Motor Libur
F.     Pembahasan
1.      Membersihkan Karburator
              Karburator adalah salah satu alat vital di motor,tanpa karburator mesin motor tidak akan mungkin dapat hidup karena tidak ada yang bertugas untuk mengkabutkan bensin kedalam mesin motor kita.
              Oleh karena itu sangat di anjurkan untuk selalu menservis karburator jika motor mbrebet atau 3 bulan sekali supaya motor kita tetap dalam keadaan prima.
              Berikut adalah cara menservis karburator pada motor Yamaha Jupiter Z,bagi motor merek lain langkah-langkahnya kurang lebih hampir sama perbedaanya Cuma pada bentuk baut yang di gunakan.
KARBU JUPE
Gambar 1.8 Karburator motor Jupiter Z
Cara melalkukan servis karburator motor antara lain :
a.    Lepaskan dulu semua cover bodi motor,cukup buka sayap kiri dan kanan saja
b.    Setelah itu buka baut 8 yang mengikat karburator dengan mesin motor
c.    Lalu lepaskan skep dan copot selang bensin

Image result for skep karbu jupiter z
Gambar 1.9 Skep karbu Jupiter Z
d.   Buka baut mangkok karburator
e.    Lalu setelah kelihatan isi karburator lepaskan main jet dsn pilot jet
f.     Lepaskan pelampung dan jarumnya dan lepas selang angin yang ada di sisi karburator
Image result for mangkok karbu jupiter z
Gambar  1.10 dalam karburator mangkok di buka
g.      Bersihkan semuanya periksa apakah pilot atau main jet nya mampet atau tidak,lalu bersihkan,Setelah semuanya bersih pasang kembali dengan cara berurutan
h.      Kembalikan dari proses mmemmbuka tadi,setelah semua terpasang, pasang kembali karburator kemesin motor prosesnya kebalikan dari proses pelepasan tadi
i.        Sekarang hidupkan mesin dan tinggal setel karburator
j.        Setel putaran angin karburator caranya putar baut setelan angin sampai mentok kedalam, lalu buka kembali pelan-pelan sampai terdeengar suara  mesin yang paling tinggi dan tidak mberebet gunakan feeling. Itulah kira-kira putaran angin yang pas. Biasanya jika mesin masih gres cuma 1 - 1 1/2 putaran.
k.      Pasang kembali cover body dan motor siap dikendarai
Karburator-Motor
Gambar 1.11 Gambar karburator yang sudah di bersihkan
2.      Penyetelan Karburator
Cara penyetelan karburator adalah sebagai berikut :
a.       Hidupkan sepeda motor,mesin telah mencapai suhu kerja
b.      Sedikit menaikan rpm mesin dengan cara memutar skrup pengatur rpm (stop screw)  (kurang lebih 1700 rpm)
c.       Memutar skrup penyetel udara (air screw) searah jarum jam sampai rpm turun dan mesin hampir mati
d.      Memutar balik penyetel udara (berlawanan jarum jam) perlahan sampai di peroleh rpm mesin yang tertinggi dan stabil
e.       Menyetel skrup pengatur rpm hingga putaran stasioner mesin + 1400 rpm
f.       Menyetel kelonggaran kabel Gas
3.      Karburator banjir dan motor mati mendadak saat jalan
         Bila menemui bahan bakar mengalir deras hingga menyebabkan mesin mati mendadak, berarti Anda harus membuka dan membersihkan beberapa bagian. Pertama bersihkan lubang main jet dan pilot jet. Lakukan pembersihan dengan serabut tipis yang telah dibasahi dengan bensin.
Selain itu, bersihkan pula saluran masuk utama bensin ke karburator dan cuci jarum pelampungnya.  Setelah itu pasang kembali.
Sementara untuk penyetelan spuyer angin dan gas gunakan perbandingan 1 : 1, artinya kencangkan baut spuyer itu ke arah kanan. Setelah putra kembali spuyer ke arah kiri hingga putaran penuh sebanyak tiga putaran.
Bila bensin hanya merembes atau menetes saja, maka tak perlu melakukan pembongkaran. Pasalnya, itu dikarenakan oleh jarum pelampung karburator tersumbat partikel atau kotoran halus. Anda cukup memukul-mukul karburator dengan gagang obeng beberapa kali agar sumbatan itu berpindah dari lubang jarum
4.      Komponen aus dan cara mengatasinya
          Selain karena kasus-kasus tertentu, karburator banjir juga bisa dikarenakan karena komponen-komponen yang ada di dalamnya telah aus seiring dengan umur pemakaian.
Menurut Ashadi ada beberapa penyebab dan cara mengatasinya :

a.       Jarum pelampung dan wilayah sekitar jarum telah aus, sehingga saluran pembuangan tidak bisa tertutup dengan rapat. Akibatnya bahan bakar menetes alias banjir. Cara mengatasinya dengan melakukan skir area jarum pelampung dan menyetel kedalaman jarum pelampung
b.      Pelampung bocor sehingga tidak bisa berfungsi dengan normal. Cara untuk mengatasinya paling aman dan tepat sasaran adalah dengan mengganti dengan yang baru. Pasalnya bila dilakukan penambalan belum tentu tepat dan kuat sehingga justru akan menyengsarakan Anda.
c.       Katup vakum otomatis atau biasa disebut auto choked valve selang bensin telah aus. Akibatnya, bensin akan mengalir terus ke karburator meski mesin motor dalam kondisi mati, akibatnya karburator banjir.
Cara satu-satunya untuk mengatasi persoalan ini adalah menggantinya dengan komponen baru. Pasalnya, bila katup itu telah aus sulit melakukan perbaikan. Kalau pun dipaksakan tidak akan bertahan lama, walhasil Anda pun akan dirongrong oleh persoalan ini.








BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
            Dengan terselesaikanya penyusunan laporan ini,penulis mengucapkan puji syukur kehadirat Alloh SWT karena rahmat dan karuniaNya,benar-benar memberi kekuatan dan semangat bagi penulis sehingga dapat menyelesaikan laporan dengan baik dan semaksimal mungkin.
            Dari uraian yang telah penulis susun dalam laporan ini dengan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang penulis dapat mengenai apa dan bagaimana Praktek Kerja Industri (Prakerin) itu sebenarnya,maka penulis menyimpulkan sebagai berikut :
1.      Laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di buat untuk mempertanggungjawabkan selama pelaksanaan Prakerin yang telah selesai di laksanakan dan sebagai bukti tertulis.
2.      Praktek Kerja Industri (Prakerin) yang bertempat di bengkel GALUH MOTOR Desa Jingkang berjalan lancar tanpa  ada halangan suatu apapun.
3.      Kegiatan Prakerin di bengkel Galuh Motor Desa Jingkang mampu saya ikuti sesuai dengan waktu dan kondisi atau keadaan yang ada pada bengkel tersebut.
4.      Dalam Prakerin ini saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman secara langsung,baik tentang alat-alat perbengkelan maupun kerusakan mesin motor yang perlu di perbaiki
5.      Dengan Prakerin ini saya dapat berinteraksi dengan masyarakat sebagai konsumen pada Bengkel Galuh Motor yang bisa menambah mental dan pengetahuan / pengalaman yang belum kami dapat dari  sekolah saya SMK Ma’Arif NU 1 Cilongok sebelumnya.
6.      Banyak hikmah yang selama Prakerin yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu seperti persaudaraan dan solidaritas sesama pemilik dan karyawan dan lain-lain.
















DAFTAR PUSTAKA
1.      Tim pemandu pelaksanaan PRAKERIN 2017.SMK Ma’Arif NU 1 Cilongok



























LAMPIRAN-LAMPIRAN


EmoticonEmoticon

Panduan Kegiatan MOS

*Panduan Kegiatan MOS pada Tahun Ajaran Baru di masa Pandemi Covid 19* Kegiatan ini dpt di lakukan 1-2 minggu tergantung bagaimana dgn kese...